Saat berbicara tentang SEO, selalu ada sesuatu yang harus dilakukan. Mudah untuk teralihkan oleh hal baru yang cemerlang daripada fokus pada tugas yang akan menggerakkan jarum untuk bisnis.
Bagaimana cara memulai? Baca terus untuk menemukan tips teratas dalam memprioritaskan kata kunci SEO untuk pembuatan konten.
Memiliki ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan kata kunci berpotensi yang patut ditargetkan bisa sangat membingungkan. Anda perlu memprioritaskan kata kunci SEO dan membuat rencana yang dapat diukur.
Pikirkan tentang tujuan bisnis dan pemasaran
Jika Anda membuat konten SEO, Anda pasti memiliki tujuan.
Anda harus bekerja untuk meraih peringkat kata kunci tertentu, biasanya berdasarkan topik tertentu. Tujuan akhir sangat penting untuk mengukur keberhasilan SEO.
Optimalisasi lengkap mungkin bisa dilakukan jika situs Anda kurang dari 20 halaman. Lebih dari itu, Anda perlu fokus pada kelompok topik.
Kelompok topik Anda akan menjadi bagian dari situs web Anda. Misalnya, jika Anda menjual peralatan rumah tangga, Anda mungkin memprioritaskan satu ruangan tertentu dan barang-barang terkait.
- Keinginan manajemen dan tujuan bisnis: Pemasaran harus mendukung manajemen untuk mendorong bisnis maju.
- Apa yang sudah berjalan baik: Anda mungkin menemukan beberapa kemenangan mudah jika situs sudah memiliki otoritas dalam topik atau produk tertentu.
- Halaman yang dikonversi dengan baik: Jika halaman mengkonversi dengan baik, tingkatkan lalu lintas organik untuk mendorong lebih banyak konversi.
- Menemukan kata kunci untuk diprioritaskan
- Sebelum Anda mulai memprioritaskan kata kunci, Anda perlu meneliti kata kunci untuk SEO. Anda dapat melakukannya dengan banyak cara, tetapi berikut ini tiga cara untuk memulai.
Google Search Console
Jika Anda memiliki situs dengan pengunjung organik, maka Google Search Console (GSC) bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai. GSC memberi tahu Anda setiap kata kunci yang diberi peringkat oleh situs Anda.
Buka Hasil pencarian di menu sebelah kiri dan klik Posisi rata-rata sehingga berubah menjadi oranye. Saya merekomendasikan untuk menyaring berdasarkan negara tetapi mengklik tanda plus di atas grafik dan memilih Negara. Sekarang Anda dapat melihat posisi rata-rata semua kata kunci peringkat di negara yang paling Anda minati.
Lihatlah kata kunci dan perhatikan yang ada di posisi enam hingga 20.
Kata kunci ini adalah bagian bawah halaman satu, halaman dua, atau bagian atas halaman tiga kata kunci, yang juga dikenal sebagai buah yang mudah dijangkau.
Pada teorinya, memindahkan kata kunci ini ke peringkat atas akan lebih mudah.
Analisis pesaing
Sebagai bagian dari analisis pesaing, Anda dapat menemukan kata kunci yang diberi peringkat oleh pesaing. Alat SEO seperti Ahrefs atau Semrush akan memberi Anda wawasan tentang volume pencarian potensial, lalu lintas, dan niat pencarian.
Ada dua manfaat utama dalam meneliti kata kunci pesaing:
- Anda akhirnya akan muncul di SERP di mana mereka berada sehingga Anda bisa mendapatkan sebagian lalu lintas mereka.
- Anda dapat menunjukkan E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) kepada Google. Jika Anda mencakup kata kunci yang sama (dan, lebih spesifik, konten) yang dilakukan pesaing Anda, Anda membuktikan kepada Google bahwa situs Anda setidaknya sebanding dengan milik mereka.
Riset pelanggan
Tidak ada yang lebih baik daripada menemukan kata kunci dengan berbicara kepada orang-orang yang paling Anda inginkan di situs Anda.
Bicaralah dengan pelanggan dan calon pembeli Anda. Atau, bicaralah dengan tim penjualan dan dukungan pelanggan atau manajer keberhasilan pelanggan.
Jika Anda dapat memahami titik sakit pelanggan dan kata-kata atau frasa yang digunakan pembeli untuk menemukan Anda, Anda bisa yakin mereka juga memasukkan kata-kata ini ke dalam Google.
Dapatkan newsletter harian yang diandalkan oleh pemasar pencarian.
Tips untuk memprioritaskan kata kunci SEO
Iklan berbayar
Data iklan adalah gudang informasi untuk SEO. Jika sebuah situs menjalankan iklan, mendapatkan daftar kata kunci yang dikonversi sangat penting. Jika kata kunci dikonversi untuk iklan, kemungkinan besar juga akan dikonversi dengan SEO.
Tidak setiap kata kunci yang diiklankan dapat diberi peringkat secara organik, tetapi di mana pun Anda bisa, Anda harus melakukannya asalkan sesuai dengan tujuan bisnis dan pemasaran tersebut.
Anda juga dapat menguji coba kata kunci dengan iklan dengan menawar pada mereka untuk menguji tingkat konversinya.
Google Keyword Planner
Jika Anda belum menjalankan iklan, Google Keyword Planner - alat periklanan - tetap bisa membantu Anda (dan gratis).
Google Keyword Planner
Screenshot Google Keyword Planner untuk menggambarkan bagaimana kompetisi dan biaya per klik dapat membantu mempengaruhi prioritas kata kunci.
- Kata kunci dengan rata-rata pencarian bulanan (pencarian tepat jika Anda menjalankan iklan).
- Kompetisi berarti seberapa sulitnya mendapatkan visibilitas dengan iklan untuk kata kunci ini.
- Rentang tawaran berarti berapa banyak yang dibayar orang untuk kata kunci.
Jadi, apa artinya ini untuk SEO?
Jika kata kunci memiliki kompetisi tinggi, banyak orang menawar, dan bisnis umumnya tidak menawar kata kunci yang tidak menghasilkan uang bagi mereka.
Kompetisi tinggi adalah indikator bahwa kata kunci memberikan ROI.
Jika Anda bisa mendapatkan peringkat secara organik untuk kata kunci yang sama, maka ada kemungkinan itu akan menghasilkan uang untuk situs Anda.
Prioritaskan kata kunci konversi dan halaman uang
Tujuan utama SEO adalah membangun audiens yang berkualitas. Anda menginginkan orang di situs Anda yang kemungkinan besar tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Anda menginginkan visibilitas untuk halaman yang mengarah ke konversi, baik itu penjualan, pendaftaran email, unduhan, atau sesuatu yang membawa lalu lintas web ke dalam corong pemasaran Anda.
Upaya SEO Anda harus dalam rangka meningkatkan halaman penting ini sehingga Anda dapat mempercepat corong pemasaran.
SEO bisa membawa pengguna ke situs yang berada pada tahap kesadaran dalam corong pemasaran.
Tahap ini juga dikenal sebagai tahap atas corong (ToFu). Pengguna ToFu tidak mungkin dikonversi. Tetapi, bagus untuk dimiliki jika pemasaran dapat merawat mereka melalui cara lain - melalui email jika pengguna mendaftar, misalnya.
SEO juga bisa membawa lalu lintas bawah corong (BoFu) - alias lalu lintas konversi - jika halaman uang tersebut berada di peringkat yang cukup tinggi pada halaman satu.
Pengguna BoFu siap membeli. Jika Anda tahu halaman mana yang mengonversi, Anda bisa bekerja untuk mengembangkan strategi konten SEO yang membantu halaman tersebut mendapatkan peringkat.
Volume pencarian
Umumnya, kata kunci Anda dengan volume pencarian tinggi akan menjadi kata kunci ToFu/kesadaran Anda, dan kata kunci BoFu Anda akan memiliki volume pencarian yang lebih rendah.
Karena kata kunci BoFu mengonversi, Anda kemungkinan akan menemukannya di akun iklan Anda.
Mudah teralihkan oleh kata kunci pencarian tinggi, tetapi Anda harus ingat bahwa tujuan Anda adalah mendapatkan konversi dan pendapatan, bukan hanya lalu lintas.
Kata kunci yang Anda pilih harus lebih fokus pada konversi daripada volume.
Tanyakan pada diri sendiri bagaimana konten SEO Anda membantu peringkat BoFu tersebut.
Kesulitan kata kunci
Pertimbangkan juga tingkat kesulitan kata kunci. Seperti metrik kompetisi di Google Keyword Planner, tingkat kesulitan kata kunci menunjukkan seberapa mudah atau sulitnya untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci tertentu.
Situs baru mungkin memiliki jalan panjang untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci utama. Dalam hal ini, prioritaskan kata kunci ekor panjang.
Namun, otoritas topikal lebih penting daripada kata kunci dan kesulitan. Meskipun beberapa kata kunci Anda mungkin tidak akan masuk ke halaman atas Google dalam waktu dekat, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan halaman dengan kata kunci ke situs Anda.
Cakupan topik membantu membangun E-A-T, dan hanya beberapa konten yang harus mendapatkan peringkat segera.
Sementara itu, Anda bisa membagikan konten melalui saluran pemasaran lainnya.
Lakukan dengan baik, atau jangan melakukannya sama sekali
Anda tidak bisa memotong sudut saat membuat konten yang mendapat peringkat di SERP.
Google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya dan tidak cukup hanya menggunakan kata kunci.
Anda perlu membuat konten yang sangat bernilai dan benar-benar berguna.
Jika Anda melihat halaman pesaing dan melihat artikel sepanjang 3.000 kata dengan video yang tertanam dan gambar, Anda harus membuat upaya untuk kata kunci tersebut hanya jika Anda bisa membuat sesuatu yang sebaik halaman yang mendapat peringkat itu.
Ukur dan tingkatkan kesuksesan SEO
Saat Anda membangun strategi SEO dan konten Anda, Anda akan menemukan bahwa peluang baru akan muncul dan menjadi prioritas.
Setelah beberapa bulan, Anda dapat merujuk kembali ke tip Google Search Console di awal artikel ini. Kemungkinan besar, kata kunci baru akan mendapatkan peringkat di bagian bawah halaman satu dan seterusnya.
Anda akan mengulangi proses optimasi secara terus-menerus, membangun arsitektur konten Anda dan menemukan peluang baru.
Setelah Anda berhasil membuat klaster pilihan Anda mendapatkan peringkat dan menghasilkan pendapatan, Anda dapat melanjutkan dan mengulangi proses untuk klaster kedua.
Nah, itulah beberapa tips untuk membantu Anda menentukan prioritas kata kunci SEO dan mengembangkan strategi konten yang efektif. Ingatlah untuk selalu fokus pada tujuan bisnis dan pemasaran, dan jangan terlalu terobsesi dengan volume pencarian saja. Dengan pendekatan yang tepat, Anda akan melihat peningkatan lalu lintas organik dan konversi yang lebih tinggi. Selamat mencoba, semoga sukses
Komentar
Posting Komentar