Digital marketing atau pemasaran digital adalah bentuk iklan yang menggunakan internet dan teknologi digital untuk terhubung dengan pelanggan. Digital marketing mencakup email, media sosial, iklan, dan pesan multimedia yang didistribusikan melalui mobile dan web. Dengan lebih dari 60 persen dari populasi global yang online, perusahaan kini meningkatkan anggaran digital marketing mereka.
Jenis-jenis Digital Marketing
Ada beberapa jenis digital marketing yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan, antara lain:
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah teknik yang mencoba untuk meningkatkan peringkat materi online di mesin pencari seperti Google atau Bing. Beberapa cara umum untuk melakukan SEO antara lain:
Membuat konten berkualitas yang memenuhi tujuan pencari.
Menggunakan kata kunci untuk membantu mesin pencari mengidentifikasi materi yang relevan.
Menggunakan kata kunci jangka panjang (frasa spesifik yang digunakan oleh pencari) untuk membantu konten mencapai target audiensnya.
Memastikan konten dapat dimuat dengan cepat dan kompatibel dengan perangkat mobile.
2. Content Marketing
Content marketing terhubung dengan target audiens melalui konten asli, seperti blog, artikel, dan buletin. Ini sering digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek melalui materi yang menarik bagi audiens tertentu.
3. Email Marketing
Marketer mengirim email tepat waktu ke grup orang yang banyak yang telah mendaftar untuk daftar kontak mereka untuk memberi tahu pelanggan potensial tentang penjualan, diskon, dan peluncuran produk.
4. Pay-per-click (PPC) Advertising
PPC adalah model pemasaran digital yang melibatkan pengiklan membayar penerbit setiap kali iklan mereka diklik. Contoh umum dari iklan PPC termasuk iklan banner dan iklan media sosial yang muncul dalam feed audiens yang ditargetkan.
5. Social Media Marketing
Social media marketing adalah bentuk digital marketing yang menggunakan jaringan sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok, untuk mencapai pelanggan. Contoh dari social media marketing termasuk video yang diposting ke media sosial sebagai bagian dari kampanye yang lebih besar dan gambar yang diposting di Instagram yang mencerminkan identitas merek.
Prospek Karir dan Gaji Digital Marketing
Digital marketing adalah bidang yang sangat diminati dengan dampak yang tumbuh karena menawarkan merek kesempatan untuk mencapai miliaran orang yang menggunakan internet dan media sosial hari ini. Diperkirakan bahwa peran manajer iklan, promosi, dan pemasaran akan tumbuh sebesar 10 persen antara 2021 dan 2031. Gaji rata-rata tahunan untuk manajer pemasaran digital di Amerika Serikat adalah $79,179 pada Maret 2023.
Menjadi Digital Marketer
Untuk menjadi digital marketer, Anda perlu akrab dengan pemasaran, bisnis, komunikasi, dan teknologi digital. Anda perlu kreatif, strategis, dan analitis. Banyak majikan lebih memilih kandidat dengan gelar sarjana dalam bisnis atau komunikasi, tetapi gelar tidak selalu diperlukan jika Anda memiliki keterampilan yang tepat. Adalah membantu jika kandidat telah melakukan magang saat masih sekolah. Keterampilan yang diperlukan dalam karir pemasaran digital termasuk komunikasi, kerja sama dengan desainer, strategis, dan pengembang produk, pemikiran kreatif, analisis data dan keakraban dengan analisis data, pemasaran media sosial, penciptaan konten, dan alat SEM/SEO dan CRM.
Pelajari lebih lanjut tentang jasa digital marketing.
Komentar
Posting Komentar